Sabtu, 11 April 2015

Pembuatan Sapu Ijuk Jahit

Sapu Ijuk Jahit
Sebelumnya ane minta maaf buat agan-agan semua, karen ane baru sempet menulis lagi tentang ijuk di sini, ini karena kesibukan ane dalam menyiapkan pesana ijuk keseluruh jagat raya ini. Hahaha......

Terutama untuk pesanan ceu iyeum di negri citayem, negara bagian amerika selatan.. Hahahaha..... 

Kali ini ane mau membahas gimana sih cara bikin sapu ijuk, yang menurut ane sih sangat gampang sekali, dan ingsaalloh pusing untuk agan-agan semua yang belum pernah mengenal sapu ijuk Sebelum, 

Ok... Kita mulai aja gan.. sebelum bikin sapu ijuk alangkah pentingnnya kita untuk menentukan dulu jenis sapu ijuk yang akan kita buat, karna sapu ijuk ini lumaayan jenis dan pariannya, untuk memudahkan, kita bagi dua jenis sapu ijuk, ada sapu ijuk model dulu, dan ada sapu ijuk model sekarang.

Nah pada kesempatan ini ana mau jelasin dulu tentang sapu ijuk jenis lama, tapi tetap pasaranya masih di sukai sampai sekarang, cuma bikinya itu loh..... lambat banget....., kalau agan punya order banyak, bisa-bisa kerepotan untuk menyiapkanya, maklum cara pembuatanya jadul, paling-paling satu orang pengrajin dapet 3 kalau model ribet, atau 20 kalau model sederhana, dalam satu har bro.... Kalau ada order 100.000 pcs, gimana ayo gan.... bisa keburu mampus itu nenek-nenek yang bikinya sebelum orderan terpenuhi semua. ...... hahahah vvvvissss nek...

Langsung aja gan.. Aja bertele tele.......

Langkah pertama, kita siapin dulu matrial pembentuk sapu ijuk yaitu :
2. Gagang rotan denga diameter 1.9 sampai 2.5 cm 
3. Majun untuk menjahit 
4. Bambu untuk menjepit.

Langkah kedua perakitan 
Ijuk lembaran kita potong sekitar 40 cm, dengan lebar sekitar 20 cm, dan tebal sekitar 3 cm atau dua lembar ijuk secara natural, kita simpan di lantai untuk bagian bawah sapu ijuk, nah setelah itu kita letakan gagang rotan pada ijuk, lakukan hal serupa pada bagian penutup atas 
Setelah rapih kita ikat bagian atas sapu ijuk pada rotan, dan jepit pada bagian bawah ijuk dengan bambu, nah ini baru tahap pemolaan sapu ijuk. 
Tahap selanjutnya kita lakukan pengikatan secara memutar dengan majun, lakukan ini dengan sangat rapi dan teliti, dengan ke tinggian skitar 10 cm, setelah rapih dan ijuk terikat kuat dengan gagang rota, baru kita lakukan penjaitan pada ijuk yang di jepit dengan bamu, sesuai dengan model dan pariasi yang kita inginkan, lalu potong ijuk bagian bawah sehingga terbentuk rapih.

Teretetet...... 
Selsai deh sapu ijuk, Mudah kan..... hahahahahah

Agan bisa bersiin tuh rumah sampai kinclong, dengan sapu ijuk karya sendiri, yang jadi kebanggan agan, atau agan bisa jual tuh sapu ijuk, dapet duit deh buat nambahin beli mobil... Hahaha,, 
Ada yang masih bingung,,, jangan khawatir boleh tanya.... yang sudah ahli boleh beri masukan, yang ingin belajar langsung, boleh datang ke pabrik saya... 
Tereng tenteng... 
Semua di bumi ini bisa di bikin mudah...

Saatnya Bilang

Aku CInta Produk Indonesia, Aku Cinta Budaya Indonesia...

SAPU IJUK ADALAH PRODUK INDONESIA. BUDAYA NENEK MOYANG KITA JANGAN SAMPAI DEH DI KLIM LAGI MILIK MALAYASIA
Baha Sapu Ijuk Jahit
Serat ijuk