Kamis, 20 Agustus 2009

Sapu ijuk merupakan sapu terbaik untuk membersihkan rumah


Pengalaman saya bertahun-tahun membuat saya menyadari pentingnya sebuah sapu. Tanpa kehadirannya bisa dibayangkan betapa akan kotornya rumah dan sangat mungkin menjadi sarang penyakit.
Sapu terbagi menjadi beberapa varian. Ada sapu lidi, sapu ijuk, dan sapu plastik. Tiap-tiap varian ini ditujukkan untuk berbagai keperluan. Sapu ijuk misalnya, ada yang untuk di dalam rumah, dan ada pula yang untuk teras. Begitu pula sapu lidi, ada untuk merapihkan tempat tidur dan ada untuk menyapu sampah.
Bicara tentang menyapu rumah, pemilihan sapu adalah penting. Karena kualitas sapu akan menentukan kebersihan kamar selain teknik penyapuan itu sendiri. Saya pribadi selalu memilih sapu ijuk untuk menyapu. Sifatnya yang lentur dan terbuat dari bahan alami juga sangat tahan lam dan tidak akan lapu, menjadikannya nyaman untuk digunakan dan mampu membersihkan debu di lantai dengan baik.
Sayangnya keberadaan sapu ijuk makin terancam dengan maraknya sapu plastik di pasaran. Padahal kalau dicermati sapu plastik tidak bisa membersihkan sebersih sapu ijuk karena sifat sapu plastik yang kaku. Selain itu menggunakan sapu plastik juga tidak senyaman sapu ijuk. Ujung-ujungnya malah buang-buang energi dan waktu, dan hasil yang dicapai pun tidak sebersih yang diharapkan.
Sapu ijuk mudah di temukan di pasar tradisional, sedangan di supermarket atau hypermarket lebih banyak sapu plastiknya. Harga sapu ijuk juga bervariasi dan untuk mendapatkannya akan bergantung kepada kelihaian kita menawar.
Saya yakin sapu ijuk akan selalu lebih baik daripada sapu plastik. Warna ijuk yang hitam merupakan warna netral yang dapat masuk ke macam-macam warna gagang sapu. Tentunya ini membuat membuat koleksi sapu kita tidak monoton dan penuh warna Lebih jauh, sapu ijuk dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang relatif lama selama digunakan secara wajar.
Dengan bahan yang terbuat dari bahan alami, sapu ijuk merupakan pilihan utama untuk menyapu kamar atau ruangan. Selain nyaman untuk digunakan, sapu ijuk juga mampu membersihkan lebih bersih dibanding sapu-sapu sintetis seperti sapu plastik. Nah, sudah sewajarnya lah bila kita lebih memperhatikan sapu ijuk, karena dalam dunia sapu menyapu, sapu ijuk terbukti lebih unggul.








1 komentar: