Minggu, 24 Juli 2016

Cara Membuat Atap Ijuk

Atap ijuk merupak warisan budaya leluhur, atap yang sudah di bikin oleh nenek moyang kita, mereka sudah membuat atap dari ijuk sejak jaman dulu, walaupun atap ijuk ini sudah di bikin sejak jaman dulu tapi sampai srkarang atap ijuk masih banyak di gunakan, ini karna ijuk memiliki banyak kelebih, di samping ijuk yang tahan lama atap ijuk juga dapat menyebab kan epek yang sejuk pada ruangan dan terlihat sangat natural bahkan menurut kepercayan umat hindu ijuk merupakan bahan yang suci untuk di gunakan pada atap atap pure., srbagai mana yang kita lihat banyak pure pure yang menggunakan atap ijuk..
nah itu sekilas tentang atap ijuk... lanjut... dan..
sabar bro...
ana bercuap cuap sedikit... langsung aja ke inti permasalahan... cara bikin atap ijuk...
langkah pertama
siapkan matrial dan alat pembuatan atap ijuk
1. ijuk yang lembaran besar
2. tali tambang pengikat ijuk
3. bambu yang sudah di potong dan di belah ukuran 100 x 5 cm
4. jarum untuk merajut tali ijuk
selanjutnya....
langkah ke dua
siapkan ijuk yang ukuran lembaran besar lalu potong srkitar 60 cm, simpan di atas bamu yang sudah dakam ukuran 1 m x 5 cm tadi.. penuhi seluruh bambu dengan ijuk sampai merata, setelah tertutup semua dengan rata letakan kembali situ bambu di atasnya, setelah itu lipatkan kembali ijuk sekitar 10 cm dari atas dengan kuat hingga lipatan tersebut menempel rapat dan rapih, selanjutnya lakukan penjahitan dengan menggunakan tali atau tambang ijuk.
jeng... jeng.. atap ijuk sudah terbentuk bagus...
tp tunggu dulu bro... ini belum rapih
Tahap akhir dilakukan perataan pada bagian bah... 
nah ini baru selsai.. atap ijuk kebanggaan kaita siap di pasang sebagai frisai dari hujan dan panas matahari 

tapi kalu rekan keran semua mau bisnis tentu perlu ada tahapan lain... yaitu pengikatan dan pengebalan.. setelah semua tahapan bisa di selsaikan.. atap ijuk siap di kirim ke pembeli.. dan siap siap lah untuk mendapatkan Rupiah dari atap ijuk... hehehe

gimana brooo.... faham... hehe
atau masih bingung
kalau masih binging bisa kontak ane langsung di nomer 085292554465
atau juga bisa datang ke tempat ane untuk belajar langsung... pasti ane ajarin... 
atap ijuk jadi
proses pembuatan atap ijuk
suasana pembuatan atap ijuk di tempat kami