Senin, 11 April 2011

Atap Ijuk Dapat Meredam Panas

Pemakaian Atap Ijuk dapat memmerikan rasa sejuk pada ruangan
Pengguanaan atap ijuk bisa memberika sara sejuk di ruangan, ini di karenakan ijuk yang merupakan serat alam yang berwarna hitam yang dapat menyerap energi panas, dan mengeluarkan rasa sejuk pada ruangan, sebagai mana kutipan dari koran tempo yang saya ambil beberapa waktu lalu.

Di kutip dari KOMPAS.com 

Panasnya udara Jakarta terkadang terasa menyengat bahkan saat di dalam ruangan. Untuk meredam hawa panas di dalam ruang, penambahan pemakaian ijuk di atap bisa menjadi solusinya.
Ijuk merupakan serat alam yang istimewa, berupa serabut berwarna hitam dan liat, yang terdapat pada bagian pangkal dan pelepah daun Pohon Aren. Ijuk memiliki sifat lentur dan tidak mudah rapuh. Keistimewaan ini dimanfaatkan pemilik The 3 House di Kuningan Village untuk menghadirkan ruangan yang sejuk lewat pemasangan ijuk di atap.
Atap di ruangan indoor The 3 House tidak murni dengan ijuk. Atap tetap menggunakan rangka besi, baru ditutup dengan ijuk. Tak cukup dengan ijuk, kemudian ditambah dengan tanaman merambat yang dibiarkan tumbuh alami di atap. Di bagian ujung, dimana berbatasan dengan bangunan lain, ditanam tanaman Pucuk Merah. Hasilnya, di dalam ruangan jadi terasa dingin dan segar.